Round-Up

Heboh Semburan Lumpur dan Batu di Grobogan, Bupati Takut Jadi 'Lapindo'

Arif Syaefudin - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 08:28 WIB
Tangkapan layar semburan air lumpur di Grobokan
Foto: Tangkapan layar semburan air lumpur di Grobokan (dok. Istimewa)
Grobogan -

Sebuah lubang menyemburkan material berupa air bercampur lumpur dan batu di Dusun Karangasem, Desa Karanganyar, Kecamatan Purwodadi, Grobogan. Fenomena itu membuat heboh warga.

Bupati Grobogan Sri Sumarni turun langsung ke lokasi kejadian untuk mengecek kondisi semburan. Ia mengaku khawatir semburan itu menjadi seperti layaknya insiden lumpur Lapindo Sidoarjo.

"Saya takutnya ini seperti Lapindo. Mudah-mudahan enggak, mudah-mudahan," kata Sri saat diwawancara wartawan, Sabtu (29/2).

Atas insiden tersebut, Sri menyebut telah memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup untuk berkoordinasi dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah untuk penanganan.

"Pemerintah Daerah akan berkoordinasi dengan pihak provinsi karena bahaya ini. Ini barusan saya ngebel, infonya akan turun ke bawah. Dan juga dari masyarakat ini agar hati-hati, nanti saya inginnya ada kajian, saya takutnya kalau seperti Lapindo," paparnya.

Semburan tersebut terjadi pada sebuah lubang pengeboran sumur di lahan milik Yayasan Yatama. Pertama kali lubang tersebut mengeluarkan semburan lumpur sekitar pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya
Halaman
1 2