Gegara Corona, Rektor Bikin Edaran Minta Sivitas UGM Tak ke Luar Negeri

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 16:27 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)
Ilustrasi kampus UGM (Foto: dok.detikcom)
Yogyakarta -

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan civitas kampus menangguhkan perjalanan ke luar negeri. Imbauan ini dikhususkan untuk negara yang terdampak virus Corona atau COVID-19.

"Sehubungan dengan semakin merebaknya wabah COVID-19 (Coronavirus Disease yang mulai terjadi pada tahun 2019) dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami mengimbau seluruh sivitas UGM untuk menangguhkan perjalanan ke luar negeri untuk keperluan yang dapat ditunda, terutama di negara-negara yang terdampak COVID-19," kata Panut dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Sabtu (29/2/2020).

Surat edaran itu tercantum dalam SE No 1285/UN1.P/SET-SR/TR/2020 tentang kewaspadaan dini terkait COVID-19. Ada lima poin dalam edaran tersebut, salah satunya berisi imbauan agar melakukan hidup sehat.

"Melakukan perilaku hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun (atau alcohol based hand rub/hand sanitizer), mengkonsumsi makanan sehat agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh, meminimalkan kegiatan keramaian yang kurang diperlukan," pesan Panut.

Tak hanya itu, bagi civitas UGM yang baru saja melakukan kunjungan ke luar negeri ke daerah yang terpapar virus Corona diminta untuk membatasi interkasi dengan anggota keluarga maupun sivitas akademika lainnya selama 2 pekan. Negara-negara yang disebutkan yakni China, Korea, Jepang, Australia, Malaysia, Vietnam, Thailand, India, Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman,Perancis, Inggris, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, dan Belanda.

"Jika dalam masa 14 hari tersebut mengalami demam, batuk, pilek, sesak, dan lainnya, mohon untuk segera periksa ke poli paru RSUP dr Sardjito, dan mengirimkan hasil check up via email ke kelembagaamn@ugm.ac.id," tuturnya.

Tonton juga WN Selandia Baru yang Positif Corona Sempat ke Bali :

Selanjutnya
Halaman
1 2