3 Hari Tak Pulang, Nenek di Purworejo Diduga Hanyut di Sungai

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 09:42 WIB
ilustrasi tenggelam
Ilustrasi orang tenggelam (Foto: thinkstock)
Purworejo -

Seorang nenek di Purworejo, Jawa Tengah, sudah tiga hari ini tak pulang ke rumah. Nenek bernama Suni (57) itu diduga jatuh ke sungai dan kini dicari tim SAR gabungan.

Nenek Suni sejak Kamis (27/2) lalu tak pulang ke rumahnya di Desa Nambangan, Kecamatan Grabag, Purworejo. Dia diduga hanyut di sungai Wawar, Desa Nambangan, Kecamatan Grabag, Purworejo.

"Korban diduga jatuh ke sungai," kata Kapolsek Grabag AKP Sarpan saat dihubungi detikcom, Sabtu (29/2/2020).

Sebelum menghilang Suni yang berprofesi sebagai buruh tani itu berangkat ke sawah di Desa Nambangan pada Kamis (27/2) pagi. Tetangga dan keluarga sudah mencari korban di areal sawah dan menyusuri sungai di sekitar lokasi, namun tak kunjung menemukan nenek Suni.

"Petugas dari Basarnas Cilacap, BPBD Purworejo dan Kebumen, TNI, Polri dan relawan turun untuk melakukan pencarian, namun sampai saat ini korban belum ditemukan," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan tim pencarian dibagi menjadi tiga. Selain anjing pelacak, perahu karet juga diterjunkan untuk menyisir sungai.

"SRU 1 melakukan penyisiran dari TKP ke hilir sungai sampai muara dengan jarak sekitar 5 KM, SRU 2 penyisiran menggunakan dua perahu karet milik Basarnas dari TKP ke hilir sungai sampai muara sekitar 5 KM dan SRU 3 penyisiran darat dari Pantai Kertojayan ke barat dan timur sekitar 2 KM," paparnya.

Kondisi arus sungai yang deras serta banyaknya sampah dan ranting bambu, menyulitkan tim SAR gabungan dalam melakukan operasi pencarian. Penyelaman juga tidak bisa dilakukan karena air sungai sangat keruh.

(ams/ams)