Ibu Hamil 7 Bulan Ini Tipu-tipu Sembako hingga Rp 89 Juta

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 19:15 WIB
Y, ibu hamil tersangka penipuan sembako senilai Rp 89 juta di Magelang, Kamis (27/2/2020).
Foto: Y, ibu hamil tersangka penipuan sembako senilai Rp 89 juta di Magelang (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Y, seorang ibu hamil 7 bulan di Magelang ditangkap polisi gegara kasus penipuan. Y nekat tipu-tipu sembako hingga perabot rumah tangga senilai Rp 89 juta.

Peristiwa itu bermula pada 30 September 2019 lalu, kala itu Y memesan sembako dan perabot rumah tangga kepada Budi Hartono (39). Sembako dan perabot rumah tangga yang dipesan dari Budi tersebut senilai Rp 89 juta.

"Dari korban sudah menyerahkan barang-barang tersebut, namun dari terduga terlapor (pelaku) ini tidak menyerahkan kesepakatan sesuai dengan nota sebanyak Rp 89 juta. Ketika ditagih selalu berbelit-belit sehingga dengan kejadian tersebut korban melaporkan ke Polsek Tegalrejo," kata Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Hadi Handoko dalam jumpa pers di Mapolres Magelang, Kamis (27/2/2020).

Hadi menuturkan Y dijerat dengan pasal penipuan dengan penggelapan. Y terbukti tidak membayar total uang senilai barang yang telah dipesan.

"Tersangka dengan inisial Y, warga Kota Magelang. Modus operasinya dengan melakukan tipu muslihat kepada korban. Barang bukti yang kami amankan berupa faktur penjualan terkait sembako dan peralatan rumah tangga," jelas Hadi.

Di lokasi yang sama, tersangka Y mengaku telah mencicil Rp 10 juta. Selain itu, barang-barang yang dibelinya dari korban sudah dijual lagi.

Dia menyebut uang hasil penjualan itu dipakai sendiri dan bukan untuk persiapan kelahirannya anaknya.

"Uang dipakai untuk mencukupi kebutuhan pribadi. Pemesanan dilakukan dua kali," ujar Y yang tengah hamil 7 bulan, itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2