Jadwal Penerbangan Umrah Bandara Adi Soemarmo ke Madinah Masih Normal

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 18:04 WIB
Bandara Adi Soemarmo
Bandara Adi Soemarmo Boyolali (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Penerbangan tujuan Madinah di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, masih berjalan normal menyusul penyetopan sementara kedatangan jemaah umrah di Arab Saudi. Pihak Bandara Adi Soemarmo masih menunggu instruksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait keputusan pemerintah Arab Saudi ini.

"Penerbangan umrah yang dari bandara Adi Soemarmo sampai hari ini masih operasional normal. Kami masih menunggu instruksi resmi dari Kemenhub terkait penghentian penerbangan ke Arab Saudi," kata Airport Operation and Safety Senior Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Goentor dalam keterangan tertulis yang disampaikan Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Kamis (27/2/2020).

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi, menambahkan ada beberapa jadwal penerbangan umrah di bandara Adi Soemarmo. Namun jadwalnya tergantung dari biro umrah yang memberangkatkan jemaahnya.

"Untuk jadwal penerbangan umrah tidak tentu, tergantung biro umrah yang memberangkatkan jemaahnya," katanya.

Dari catatannya, akhir Februari ini ada jadwal penerbangan tujuan Madinah. Pihaknya belum mendapatkan informasi pembatalan penerbangan dari maskapai Lion Air yang menjadi operatornya.

"Informasi yang kami terima dari Lion barusan, untuk tanggal 29 Februari 2020 akan ada penerbangan umrah pada pukul 08.15 WIB. Sampai sore ini belum ada informasi terkait pembatalan penerbangan umrah dari SOC di tanggal 29 Februari 2020 besok," jelas Danar.

Sementara itu, pada Minggu (1/3) akan ada penerbangan kepulangan umrah dari Arab Saudi di Bandara Adi Soemarmo. Penerbangan itu menggunakan maskapai Lion Air JT 119 rute SOC-JED, dengan membawa penumpang sebanyak 427 orang.

Terpisah, pihak Lion Air menyampaikan belum ada pembatalan penerbangan. Pihaknya sebagai operator penerbangan umrah juga terus berkoordinasi dengan otoritas penerbangan di Arab Saudi.

Tonton juga Arab Saudi Tutup Akses, Bagaimana Nasib Jemaah Umrah? :

[Gambas:Video 20detik]

(ams/rih)