Dampak Banjir, KA Argo Dwipangga Solo-Jakarta Tertunda 1,5 Jam

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 18:21 WIB
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro meresmikan ruang tunggu kereta bandara di Stasiun Balapan Solo. Dia menyebut desain ruang tunggu ini pantas dijadikan percontohan.
Stasiun Balapan Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Jadwal kereta api jurusan Solo-Jakarta terganggu akibat adanya banjir di kawasan ibu kota hari ini. Satu kereta yang terdampak ialah KA Argo Dwipangga yang berangkat dari Stasiun Balapan ke Stasiun Gambir.

Kepala Stasiun Balapan, Suharyanto mengatakan KA Argo Dwipangga seharusnya berangkat pukul 19.45 WIB. Namun keberangkatan KA tersebut dijadwalkan akan ditunda pada pukul 21.15 WIB.

"Hanya satu kereta yang tertunda keberangkatannya 1,5 jam. Argo Dwipangga rencananya berangkat pukul 21.15 WIB," kata Suharyanto saat dihubungi detikcom, Selasa (25/2/2020).

Sedangkan KA yang sudah berangkat tidak mengalami penundaan. KA tersebut antara lain Bima dan Gajayana yang berangkat sesuai jadwal.

"Yang terimbas dampak hanya yang berangkat belakangan. Sejak pagi tadi tidak ada keterlambatan," ujarnya.

PT KAI meminta maaf atas keterlambatan tersebut. Bagi penumpang yang tidak berkenan dengan perubahan jadwal, dapat membatalkan keberangkatan dan berhak mendapat pengembalian uang 100 persen.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan ada sejumlah kereta dari Jakarta yang diprediksi terlambat sampai ke Solo, antara lain KA Taksaka, Fajar Utama, Bengawan, Gajah Wong dan Argo Dwipangga

"Seperti Fajar Utama itu tidak signifikan keterlambatannya. Nanti mungkin yang datangnya agak terlambat Argo Dwipangga, makanya nanti juga berpengaruh dengan keberangkatan dari Solo. Keretanya kan sama," ujarnya.

(rih/sip)