BPBD: 80 Persen Kota Pekalongan Terendam Banjir, 1.776 Warga Mengungsi

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 13:24 WIB
evakuasi korban banjir di pekalongan, 25/2/2020
Evakuasi korban banjir di Pekalongan (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kota Pekalongan -

Banjir di Kota Pekalongan makin meluas pada hari ini. Kepala BPBD Kota Pekalongan, Sasmita menyebut 80 persen wilayah Kota Pekalongan saat ini terendam air. 14 ribu jiwa warga terdampak banjir.

"Hari ini sekitar 80 persen wilayah (Kota Pekalongan) terendam, padahal tidak hujan," kata Sasmita saat ditemui detikcom di pos pengungsian Masjid Karomah, Tirto, Kota Pekalongan Selasa (25/2/2020).


Bila sebelumnya banjir terparah di wilayah Pekalongan Barat, saat ini ada lokasi paling parah terlanda banjir di Kecamatan Pekalongan Utara dan Kecamatan Pekalongan Barat

"Ada sekitar 14 ribuan warga yang terdampak banjir. Namun, yang mengungsi sekitar 1.776 warga," kata Sasmita.

"Pendataan masih dilakukan lagi, masih ada kegiatan evakuasi warga," lanjutnya.

Banjir Makin Meluas, 80 Persen Kota Pekalongan TerendamPara korban banjir Pekalongan di pos pengungsian. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)


Para pengungsi tersebar di 20 titik pos pengungsian yang disediakan di dalam Kota Pekalongan. Seperti yang dialami oleh Wastiah (55), warga Kelurahan PKK (Pasir Katon Kramat). Dia bersama para lansia lainnya dievakuasi petugas Satpol PP Kota Pekalongan untuk diungsikan ke Stadion Hoegeng, Kraton.

"Kemarin masih di rumah, walau banjir. Kemarin masih selutut, sekarang sudah segini (sambil memberi isyarat di atas pinggang)," kata Wastiah.

(mbr/ams)