Jatuh Saat Bersih-bersih Banjir di Rumahnya, 1 Warga Pekalongan Tewas

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 15:32 WIB
Evakuasi warga yang jatuh saat bersih-bersih banjir di rumahnya
Foto: Evakuasi warga yang jatuh saat bersih-bersih banjir di rumahnya (dok. PMI Kota Pekalongan)
Pekalongan -

Seorang warga di Kota Pekalongan meninggal saat bersih-bersih genangan banjir di rumahnya. Pria bernama Alwi Yahya (59) warga Poncol Baru Gang Kataliya, Kecamatan Pekalongan Timur itu sebelumnya jatuh tak sadarkan diri lalu meninggal dunia.

Petugas PMI Kota Pekalongan, Ariful Amar, mengatakan laporan tersebut diterima Rabu (19/2) pukul 23.45 WIB. Kala itu ada laporan untuk merujuk warga yang terjatuh ke rumah sakit.

"Ada laporan masuk meminta bantuan untuk merujuk warga ke rumah sakit. Saat itu kita langsung ke lokasi dan merujuk ke Rumah Sakit Siti Khotidjah," kata Amar saat dihubungi detikcom, Kamis (20/2/2020).

Dia mengatakan sesampainya di rumah sakit, korban sempat mendapatkan penanganan medis di UGD. Nahas, nyawa korban tidak tertolong.

"Hasil pemeriksaan rumah sakit, korban sudah meninggal dunia setelah 20 menit dilakukan pemeriksaan," jelasnya.

Amar menjelaskan dari keterangan tetangga korban, sebelum terjatuh Alwi disebut sedang membersihkan air yang mulai masuk ke rumah. Namun tiba-tiba dia jatuh dan tak sadarkan diri.

"Tiba-tiba korban terjatuh dan pingsan. Kita ke lokasi kondisi nadi lemah, muka pucat dan langsung evakuasi ke rumah sakit," ujarnya.

Menurut tetangga korban, Alwi terjatuh di depan rumahnya. Kala itu dia hendak mengambil gayung untuk membuang air genangan.

"Kamis tadi kita sudah antar korban ke rumah duka untuk dilakukan pemakaman," ucapnya.

Amar mengatakan korban diketahui memiliki riwayat sakit. "Riwayat korban juga kerap sakit-sakitan, stroke dan asam lambung," ucap Amar.

(ams/sip)