Kisah Anak Petani Sumbawa: Langganan Juara Sains dan Kini Jadi Sarjana

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 11:36 WIB
Ahmad Suyoko, peraih berbagai pernghargaan sain yang kini sarjana di UGM
Ahmad Suyoko. (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Lahir dari keluarga petani miskin tidak menyurutkan semangat Ahmad Suyoko (23), mahasiswa asal Dusun Genjar, Desa Tepas, Kecamatan Brang Rea, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk berprestasi. Kini pemegang medali emas Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) bidang Biologi MIPA EXPO XIII juga menyabet gelar sarjana di UGM.

Selama kuliah di jurusan biologi UGM, Suyoko meraih medali emas Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) bidang Biologi MIPA EXPO XIII Universitas Riau, tahun 2019. Di tahun yang sama dia juga meraih medali Perak Olimpiade Nasional Matematika IPA-Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) Bidang Biologi.

"Alhamdulillah saya berasal dari keluarga petani, tapi ayah dan ibu selalu bilang kalau pendidikan nomor satu. Ayah dan ibu bilang kalau pendidikanlah yang bakal bisa merubah masa depan kamu," kata Suyoko anak ke-3 dari 5 bersaudara ini saat ditemui di Gedung Rektorat UGM, Rabu (19/2/2020).


Kesukaannya pada Matematika dan IPA membuat Suyoko ikut serta dalam beragam kompetisi olimpiade sains sejak duduk di bangku SD hingga SMA. Selanjutnya, Suyoko melanjutkan studi ke Jurusan Biologi di UGM terdaftar pada angkatan 2015.

Selepas diterima di UGM, dia terkendala biaya. Oleh karena itu, Suyoko memasukkan kembali beasiswa kuliah di salah satu perusahaan yang ada di NTB. "Saya sempat juga daftar di perusahaan daerah, jadi ketika kuliah bulan September 2015 dipanggil, wawancara dan dapat beasiswa untuk dibiayai sana sampai 9 semester," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2