Ditanya AHY atau Ibas, Begini Jawaban Demokrat DIY

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 21:41 WIB
ibas yudhoyono
Foto: Instagram/@ibasyudhoyono
Yogyakarta -

Sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat angkat bicara soal mencuatnya nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) jelang kongres partai yang rencananya digelar bulan Mei 2020. Dua nama itu disebut menjadi kandidat kuat penerus takhta Ketua Umum Demokrat yang kini dipegang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Lalu, seperti apa tanggapan dari DPD Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)?

Saat dihubungi detikcom, Sekretaris DPD Partai Demokrat DIY, Freeda Mustikasari, mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu arahan dari DPP.

"Intinya kami belum bisa memberikan statement (terkait) hal tersebut (mendukung AHY atau Ibas dalam bursa caketum Demokrat)," kata Freeda, Rabu (19/2/2020).

Menurut Freeda, pihaknya baru akan memberikan statement jika telah mendapat arahan dari DPP Partai Demokrat. Hingga saat ini, Demokrat DIY belum menentukan sikap terkait mencuatnya nama AHY dan Ibas sebagai kandidat dalam bursa caketum Demokrat.

"Kami menunggu arahan DPP (Partai Demokrat), yang nantinya melalui Sekjen kami," ucapnya singkat.

Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat bakal menggelar Kongres pada Mei 2020 untuk memilih ketua umum baru. Bursa calon pewaris takhta Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mulai memanas.

Sejauh ini, nama Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY jadi yang terkuat di kursi caketum Demokrat. Ada kecenderungan Wakil Ketua Umum Demokrat itu bakal naik tingkat.

"Kalau kita berbicara kongres, kalau aturan dari kongres sebelumnya, itu dijadwalkan bulan Mei. Tetapi saya tidak tahu, mungkin saja berubah. Kalau ada permintaan dari daerah, kita lihat. Tapi sejauh ini masih sampai bulan Mei," ujar Waketum Demokrat Syarief Hasan di Upnormal, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (16/2).

Syarief Hasan mengatakan ada Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang juga berpeluang menjadi ketum Demokrat.

"Bisa jadi, bisa jadi (AHY dan Ibas pengganti SBY), bisa terjadi. Oh iya bisa dong, bisa, sangat bisa. Mas Ibas itu termasuk kader muda Demokrat yang sangat berpotensi," tutur Syarief.

(rih/ams)