Jip Wisata Lava Tour Merapi Terperosok, 5 Wisatawan Terluka

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 18:22 WIB
Jip wisata Lava Tour Merapi terperosok, Rabu (19/2/2020).
Foto: Jip wisata Lava Tour Merapi terperosok, Rabu (19/2/2020). Istimewa
Sleman -

Jip wisata lava tour Merapi mengalami kecelakaan pada Rabu (19/2/2020). Sebagian jip terperosok dan mengakibatkan lima wisatawan luka-luka.

"Benar, ada laka tunggal. Jip terperosok dan miring ke kanan tapi tidak sampai terbalik. Kejadiannya tadi siang sekira pukul 11.30 WIB saat jip membawa wisatawan," ujar Kapolsek Pakem Kompol Haryanta saat dihubungi detikcom, Rabu (19/2/2020).

Kecelakaan tunggal jip bernopol B 2961 CF, kata Haryanta, bermula saat jip yang membawa wisatawan itu turun dari arah Kaliadem menuju Pakem dengan kecepatan sedang.

"Awalnya dari arah Kaliadem menuju Pakem. Saat di TKP, karena sopir merasa sulit mengendalikan roda kemudi maka pengemudi membanting stir ke kanan dan akhirnya berhenti setelah mobil masuk di luar jalan beraspal," paparnya.

Haryanta menjelaskan, kecelakaan itu tidak sampai memakan korban jiwa. Hanya saja lima orang wisatawan dan pengemudi jip mengalami luka ringan.

"Total ada enam korban termasuk pengemudi. Tapi semuanya hanya mengalami luka ringan," ungkapnya.

Berdasar laporan yang dia terima pengemudi jip diketahui bernama Yudi Nugroho (24) warga Gunung Kidul. Sedangkan wisatawan yang menaiki jip diketahui merupakan warga Jawa Barat.

"Korban dan pengemudi hanya menjalani rawat jalan. Tapi ada satu korban harus opname yakni atas nama Alif Afzal," jelasnya.

Polisi masih menyelidiki penyebab kejadian itu. Apakah karena sistem kemudi yang tidak berjalan baik atau karena kerusakan lainnya.

(sip/sip)