Round-Up

Heboh Video Balapan Dua Mobil di Underpass Bandara Kulon Progo

Sayoto Ashwan - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 09:03 WIB
Video viral balapan liar di underpass YIA
Video viral balapan liar di underpass YIA. (Foto: tangkapan layar akun medsos)
Kulon Progo -

Video balapan mobil di underpass terpanjang di Indonesia yang terletak di bawah areal Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo, viral. Dalam video berdurasi 30 detik ini, nampak dua sedan warna putih beradu kecepatan dengan knalpot menggelegar.

Video ini diunggah di acount @JogjaUpdate dan langsung dibanjiri komentar dari netizen. Hingga kemarin, tercatat sudah lebih dari 30 ribu netizen yang menyaksikan tayangan tersebut. Video ini pun banyak direpost oleh netizen.


Dalam video ini dua mobil nampak berjajar di jalur sebelah kiri dalam posisi start. Hanya dalam hitungan detik kedua mobil melesat kencang, dengan suasana knalpot menggelegar.

Pejabat Pembuat Komitmen Satuan kerja Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah DIY, Kementerian PUPR, M Sidik Hidayat kebingungan dengan munculnya video tersebut. "Kita akan cek. Di situ (underpass) standarnya (kecepatan) 40 km/jam,"terangnya.

Viralnya video ini, membuat petugas kepolisian bekerja keras. Mereka langsung turun melakukan penyelidikan. Dalam waktu kurang ari 24 jam semenjak video viral polisi mampu mengidentifikasi pemilik dan pengemudi mobil tersebut.


Kapolres Kulon Progo, AKBP Tartono memastikan video balapan mobil yang viral di media sosial, bukanlah balapan liar ataupun kenakalan remaja. Namun dilakukan untuk pembuatan film. Dari informasi yang ada, video ini akan dibuat untuk kepentingan komunitas mobil yang ada di Surabaya.

Hanya saja mereka tidak berizin dan polisi telah menahan surat-suratnya. "Peristiwanya benar, tetapi bukan balap liar. Dia membikin film makanya penjelasannya besok saat rilis,"jelas Kapolres.

Hari ini, Polres Kulon Progo akan merilis terkait video tersebut. Pengemudi cukup kooperatif kepada petugas. Mereka siap datang untuk menjelaskan kejadian yang sebenarnya.


Atas pelanggaran ini, polisi tetap menjatuhkan sanksi. Lantaran melanggar aturan dan tidak mengantongi izin. Polisi langsung menerapkan penilangan kepada pengemudi. "Kepada yang bersangkutan, tetap dikenai sanksi tilang,"jelasnya.

Kapolres memastikan apa yang dilakukan dalam video ini, jangan dipersepsikan dengan kegiatan kenakalan remaja, yang melakukan trek-trekan bukan pada tempatnya. Apalagi underpasss jalan umum, tidak boleh lakukan kebut-kebutan di jalan.

"Kecepatan tinggi gak boleh, sudah diatur rambu dan kecepatan sudah diatur,"jelasnya.

Tonton juga Momen Polantas Gendong Pria Kena Serangan Jantung :

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)