Kafe Milenial

Yuk Mari Sob... Ini Tips Makan Biar Asam Lambung Tak Melonjak

Larastining Retno Wulandari - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 21:42 WIB
ilustrasi makan
Foto: Ilustrasi/iStock
Yogyakarta -

Dear sobat mahasiswa dan kaum milenial, tahu nggak sih? Asam lambung yang diproduksi berlebihan bisa memicu penyakit lho. Seperti peradangan pada dinding lambung (gastritis) atau sindrom dispepsia.

Lalu, apa saja pemicu meningkatnya asam lambung? Ternyata, pola makan juga bisa menjadi faktor meningkatnya asam lambung.

Seperti penjelasan ahli gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Lily Arsanti Lestari. Menurut Lily, pola makan dengan porsi makanan yang banyak bisa memicu asam lambung naik.

"Asam lambung berfungsi untuk mencerna makanan. Semakin banyak makanan yang dikonsumsi, semakin banyak asam lambung yang diproduksi," terang Lily saat ditemui detikcom, Selasa (18/2/2020).

Agar kadar asam lambung tidak melonjak drastis, ia menyarankan untuk tidak makan dalam porsi banyak sekaligus. Lily pun membagikan tips menjaga jumlah asupan.

"Prinsipnya, makan sedikit, tetapi sering. Kalau mengonsumsi makanan yang banyak dalam satu waktu, asam lambung akan meningkat tajam. Dalam ilmu gizi, makan tidak hanya tiga kali sehari. Setiap sarapan menuju makan siang, ada selingannya. Begitu juga dengan makan siang ke makan malam," jelas Lily.

Lily menambahkan, kandungan yang ada dalam makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab meningkatnya kadar asam lambung. Seperti kandungan dalam gorengan dan produk olahan susu.

"Gorengan dan produk olahan susu mampu memicu naiknya asam lambung. Sebab, keduanya mengandung lemak," ujar Lily

Lily mengatakan, kandungan lemak pada gorengan dan susu beserta olahannya sulit dicerna lambung. Karena itu, lambung pun berupaya keras dengan menaikkan produksi asam lambung.

(rih/sip)