Kafe Milenial

Dear Anak Kos, Ini Lho Menu yang Cocok Buat Penderita Asam Lambung

Larastining Retno Wulandari - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 21:07 WIB
Ilustrasi lapar tengah malam.
Foto: Ilustrasi memilih makanan iStock
Yogyakarta -

Dear anak kos, sudah tahu kan beberapa menu makanan bisa memicu asam lambung. Penyakit ini tidak bisa diremehkan karena bikin perut terasa nyeri, mual, hingga begah.

Nah, beberapa di antaranya yang bisa mendorong asam lambung naik di antaranya makanan dari olahan susu, gorengan, serta kafein. Lalu, makanan yang cocok untuk ramah untuk penderita asam lambung?

"Makanan lembut seperti bubur nasi atau bubur sum-sum mudah dicerna. Keduanya adalah makanan halus yang mempermudah kerja lambung," kata Ahli gizi Universitas Gadjah Mada Dr Lily Arsanti Lestari saat ditemui detikcom di ruangannya, Selasa (18/2/2020).

Lily menuturkan sayur-sayuran, seperti brokoli dan bayam juga bagus untuk lambung. Selain seratnya lebih mudah dicerna, keduanya memiliki kandungan antioksidan tinggi. Hal ini mampu mengurangi risiko luka pada lambung.

"Sayur brokoli dan bayam memiliki kandungan antioksidan. Ini bisa mengatasi peradangan ketika asam lambung naik. Terlebih, kedua sayur ini juga mudah dicerna," ujar dosen program studi Gizi Kesehatan ini.

Kandungan antioksidan yang ramah bagi asam lambung juga bisa ditemukan pada melon, semangka, dan pepaya karena buah ini tidak begitu asam. Selain itu, kata Lily, untuk mengurangi radang lambung bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

"Peradangan bisa dikurangi dengan kekebalan tubuh yang baik. Untuk meningkatkan imunitas, kita bisa mengonsumsi makanan mengandung probiotik. Probiotik bisa ditemukan di umbi-umbian, seperti ubi jalar dan gembili. Bahkan, gembili mengandung prebiotik sebesar 14 persen," ungkap Lily.

Selanjutnya ada umbi-umbian lain yang bersahabat untuk lambung...

Selanjutnya
Halaman
1 2