Kafe Milenial

2 Menu Favorit Milenial Ini Berpotensi Meningkatkan Asam Lambung Lho

Larastining Retno W - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 14:32 WIB
ayam geprek
ayam geprek (Foto: Istimewa)
Yogyakarta -

Belakangan ini, ayam geprek dan kopi susu menjadi tren di kalangan milenial. Namun, menurut pakar gizi, kedua menu tersebut berpotensi memicu peningkatan produksi asam lambung.

Hal ini disampaikan ahli gizi Universitas Gadjah Mada, Dr Lily Arsanti Lestari, saat ditemui di ruangannya, Selasa (18/2/2020). Ia menyampaikan, ayam geprek dan kopi susu bisa membuat asam lambung meningkat.

Diuraikannya, pada dasarnya makanan dan minuman yang harus dihindari bagi penderita asam lambung adalah makanan berlemak. Baik ayam geprek dan kopi susu, keduanya mengandung lemak.

"Ayam geprek kan olahannya digoreng. Artinya, ada lemak yang dihasilkan dari proses tersebut. Lemak ini membuat asam lambung meningkat," terang Lily.


Asam lambung, kata Lily, berfungsi untuk mencerna makanan. Sedangkan lemak adalah zat yang susah dicerna lambung. Ketika mengonsumsi yang mengandung lemak, lambung akan bekerja lebih keras. Hal ini pun akan membuat produksi asam lambung meningkat.

"Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yogurt pun juga mengandung lemak. Ini juga perlu dihindari agar tidak terjadi peningkatan asam lambung," tambah dosen Program Studi Gizi Kesehatan UGM ini.

Ketika ditanyai terkait kopi susu, ia membenarkan jika minuman itu menyebabkan asam lambung naik. Selain ada kandungan lemak dari susu, kafein pun turut mendorong produksi asam lambung.

"Kalau diseduh, kadar keasaman kopi meningkat. Ditambah lagi, kandungan kafeinnya yang juga buat asam lambung naik," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2