Pakar Komunikasi: Status Dosen Unnes Bukti Cinta ke Presiden, Tidak Ngece

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 17:48 WIB
Status Dosen Unnes dinilai hina Presiden, berujung skorsing
Foto: Tangkapan layar status FB Sucipto yang diduga menghina Presiden Jokowi
Sleman -

Dosen Universitas Semarang (Unnes) Dr Sucipto Hadi Purnomo diskors pihak rektorat karena posting-an Facebooknya diduga menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Benni Setiawan punya pandangan lain soal tuduhan penghinaan itu.

"Menurut saya, apa yang dikatakan (dalam posting-an) oleh Dr Sucipto hal yang biasa dan wajar. Sekiranya itu dianggap sebagai sindiran (ke Presiden) saya kok belum menemukan kata yang menyindir," ujar Benni kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (17/2/2020).

Benni mengaku tak menemukan unsur sindiran terhadap presiden dalam posting-an tersebut. Benni justru menilai jika posting-an itu merupakan satire malah akan menjadi masukan yang baik untuk pemerintah.

"Tapi jika itu dianggap satire, saya kira ini masukan yang baik dari seorang dosen untuk pemerintah. Pemerintah perlu kerja lebih keras dan baik untuk meningkatkan ekonomi bangsa," katanya.

"Kritik untuk pemerintah saya kira adalah hal wajar di tengah era keterbukaan," lanjutnya.

Benni mengatakan jika unggahan itu dinilai menyinggung pihak tertentu, dia menduga akan banyak orang yang diperkarakan seperti Sucipto.

"Sekiranya kita mau menemukan kata seperti itu yang dianggap menyinggung pihak tertentu akan banyak orang yang mengalami hal yang sama seperti Dr Sucipto," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2