Terima Diskors, Sucipto Unnes: Biar Tak Bebani Rektor, Dia Bermasalah

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 13:49 WIB
Sucipto Hadi Purnomo, dosen Unnes yang diskor gegara bercanda di FB
Dosen Unnes Sucipto Hadi Purnomo yang diskors gegara postingan di FB (Foto: Dok. Pribadi)
Semarang -

Dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr Sucipto Hadi Purnomo dibebastugaskan terkait tuduhan ujaran kebencian kepada Presiden Jokowi. Sucipto mengaku tunduk pada keputusan kampus dan tak akan melakukan perlawanan terkait penonaktifan sementaranya.

"Saya disuruh nonaktif, ya nonaktif saja, tidak boleh membimbing mahasiswa ya tidak membimbing. Saya tidak akan membebani Rektor dengan melakukan perlawanan. Kan beliau masih menghadapi masalah," tutur Sucipto saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (15/2/2020).

Namun, Sucipto tidak menjelaskan yang dia maksudkan tentang masalah yang sedang dihadapi Rektor Unnes.

Postingan yang disoal itu diunggah pada Senin (10/6/2019) di akun Facebook Sucipto Hadi Purnomo. Dalam postingan tersebut tertulis, 'Penghasilan anak-anak saya menurun drastis pada lebaran kali ini. Apakah efek Jokowi yang terlalu asyik dengan Jan Ethes?'.

Sucipto menyebut statusnya itu tak bermaksud menghina Jokowi, melainkan satire. Dia menyebut postingannya itu sudah melewati masa Pilpres.

"Saat itu kan trending Jokowi yang jalan-jalan dengan Jan Ethes, beritanya gegap gempita. Itu kan menimbulkan rasa iri, kemudian orang-orang, jika ada yang tidak beres, kemudian menyalahkan Jokowi, dikit-dikit salah Jokowi. Apakah saya menyalahkan Jokowi? Asyik sama Jan Ethes apa salahnya, tanda tanya pula. Satire-nya ke yang menyalahkan Jokowi," jelas Sucipto.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2