Menebak Makna Bisik-bisik Gibran-Purnomo Tadi Malam

Larastining Retno Wulandari - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 12:33 WIB
Gibran Rakabuming bertemu Achmad Purnomo di Stadion Manahan Solo
Foto: Gibran Rakabuming bertemu Achmad Purnomo di Stadion Manahan Solo /dok.ist
Yogyakarta -

Ketika menghadiri peresmian Stadion Manahan, Solo, tadi malam, Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo terlihat sempat berbisik-bisik. Lantas, kira-kira mereka berbisik tentang apa?

Pengamat politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Arya Budi, menyebut bisik-bisik tersebut bisa berupa bentuk komunikasi negosiasi. Gibran dan Purnomo memang rival untuk memenangkan surat rekomendasi. Namun, menurut Arya, hal ini menunjukkan adanya keterbukaan antara Gibran dan Purnomo.

"Mereka bersaing bukan untuk memenangkan pemilih, tetapi untuk memenangkan surat rekomendasi. Jika ada dua orang yang memperebutkan kepentingan elit bertemu, berarti ada keterbukaan komunikasi di antara mereka," ujar Arya saat dihubungi detikcom, Minggu (16/2/2020).

Arya menilai, negosiasi yang dibuka Gibran dan Purnomo ini bisa jadi akan berakhir antiklimaks. Alih-alih bertarung dan menjatuhkan, akhirnya bisa jadi membahagiakan bagi keduanya.

"Adanya hal ini (komunikasi Gibran-Purnomo) menunjukkan mereka sedang membuka negosiasi. Jika kita membayangkan rivalitas Gibran dan Purnomo di internal PDIP, akan ada akhir yang antiklimaks, akhir yang membahagiakan keduanya," terang Arya.

Tonton juga video Gibran atau Purnomo di Pilwalkot Solo? PDIP: Tunggu Akhir Maret:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2