Jokowi Tanam Vetiver hingga Porang di Hulu Waduk Gajah Mungkur

Aris Arianto - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 13:55 WIB
Jokowi tanam vetiver hingga porang di Waduk Gajah Mungkur
Jokowi tanam vetiver hingga porang di Waduk Gajah Mungkur (Foto: Aris Arianto/detikcom)
Wonogiri -

Presiden Jokowi menanam akar wangi atau vetiver di hulu Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, siang ini. Tak hanya vetiver, Jokowi juga menanam porang di area pinggir Daerah Aliran Sungai (DAS) Keduang yang bermuara di Waduk Gajah Mungkur.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (15/2/2020), Jokowi datang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Turut hadir dalam kegiatan ini Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Irjen Rycko Amleza Dahniel dan Pangdam Mayjen Mochammad Effendi.

Sambil menyapa warga Jokowi berjalan kaki menuju lokasi penanaman. Setelah mendapatkan penjelasan singkat dari Menteri Siti, Jokowi menanam vetiver bersama warga.

Selain vetiver ada bibit porang, serta tanaman penghijauan lain, seperti matoa, kelengkeng, durian, hingga empon-empon. Saat penanaman ini, Jokowi juga memperkenalkan sistem agroforesti.

Sistem penghijauan ini memadukan antara pertanian dan kehutanan. Adapun jumlah pohon yang ditanam bersama ini lebih terdiri dari puluhan ribu batang.

Jenis tanaman dan pepohonan ini dipilih untuk mencegah erosi sekaligus meningkatkan produktifitas dan perekonomian masyarakat. Usai menanam vetiver, Jokowi langsung bertolak menuju Solo.

Jokowi tanam vetiver hingga porang di hulu Waduk Gajah MungkurJokowi tanam vetiver hingga porang di hulu Waduk Gajah Mungkur Foto: Aris Arianto/detikcom

Sebelumnya, Jokowi sempat memperkenalkan tanaman vetiver yang berfungsi mencegah banjir dan tanah longsor. Vetiver ini punya akar kuat untuk mencengkeram bumi yang kekuatannya setara seperenam kawat baja.

"Ini mau saya kenalkan, tanam yang namanya vetiver, akar wangi. Vetiver bukan beda Veti Vera, beda itu. Karena apa, dalam setahun akarnya bisa 1/2-1 meter. Ini mulai harus dikenalkan. Diperbanyak bibitnya. Sebarkan ke daerah yang memiliki ancaman bencana," kata Jokowi saat memberi pengarahan di SICC, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Tonton juga Jokowi Akan Resmikan Stadion Manahan Besok :

[Gambas:Video 20detik]

(ams/ams)