Sensus Penduduk Online Dimulai Besok, Begini Tutorial Pengisiannya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 23:07 WIB
Aplikasi Sensus Penduduk Online (SPO)
(Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Sensus Penduduk Online (SPO) dimulai Sabtu (15/2) besok. Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut pengisian SPO paling lama hanya memakan waktu 5 hingga 10 menit.

"Saat ini semuanya kan serba online, dan kita tidak mau ketinggalan. Karena itu, mulai tahun ini kita lakukan Sensus Penduduk Online (SPO) dengan 2 tahapan," papar Kepala Seksi (Kasi) Statistik Kependudukan BPS DIY, Handani Murda, saat ditemui di kantor BPS DIY, Bantul, Jumat (14/2/2020).


Tahapan awalnya, kata Murda, adalah mengakses laman sensus.bps.go.id untuk berpartisipasi dalam SPO yang dimulai Sabtu (15/2) hingga tanggal 31 Maret 2020. Setelah itu, masyarakat dapat mengisi data dan menjawab 16 pertanyaan terkait sensus penduduk.

"Masyarakat bisa mulai mengisi update data penduduk sendiri-sendiri mulai besok (Sabtu) sampai 31 Maret. Setelah memasukkan NIK, nomor KK dan captcha, nanti ada pertanyaan, totalnya ada 16 pertanyaan," katanya.

"Pertanyaannya itu tentang kependudukan, kondisi perumahan kayak lantai dari apa, sumber air minum apa, terus ada pertanyaan tentang diri sendiri seperti umur, jenis kelami,n dan pendidikan," imbuh Murda.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3