Hujan Deras dan Angin Kencang, Plafon Kepatihan Yogya Ambrol

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 19:26 WIB
Prabowo Subianto temui Sri Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta, Senin (8/4/2019).
Ilustrasi. Foto Kantor Kepatihan DIY. (Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta -

Tak hanya pohon tumbang, hujan deras disertai angin kencang yang melanda Yogyakarta menimbulkan kerusakan sejumlah bangunan. Di antaranya plafon Kepatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ambrol.

"Sementara yang sudah terdata di Kepatihan yaitu plafon yang ambrol yaitu, di Bagian depan Gedung Pare Anom, Kantor Wagub dan plafon Ruang Rapat Biro Organisasi," ujar Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana saat dihubungi detikcom, Jumat (14/2/2020).

BPBD DIY mencatat hingga pukul 17.00 WIB ada 13 titik terdampak akibat hujan dan angin kencang di Kota Yogyakarta. Di antaranya, enam pohon tumbang, empat unit rumah mengalami kerusakan.

"Secara umum ada pohon tumbang, ada atap plafon yang ambruk, kemudian ada tembok parkiran (sebelah belakang rumah sakit) Bethesda itu ambruk. Tapi kebanyakan pohon tumbang," katanya.

Tak hanya di Kota Yogyakarta, Biwara menyebut ada 18 titik pohon tumbang di Kabupaten Sleman. Selain itu, sebuah tempat usaha satu mengalami kerusakan, satu buah reklame roboh, 13 rumah rusak dan satu tempat ibadah juga mengalami kerusakan.

Sedangkan di Kabupaten Bantul, Biwara menyebut terjadi dua titik yang terdampak hujan deras dan angin kencang yakni pohon dan rumah rusak.

(sip/sip)