Iyuh, Jorok! Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet Bekas

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 18:50 WIB
Candi Borobudur sampai lantai 8
Kepala Seksi Konservasi BKB, Yudi Suhartono. Foto: (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Fakta miris terungkap tentang Candi Borobudur. Balai Konservasi Borobudur (BKB) mengungkap penemuan ribuan noda permen karet yang menempel di bebatuan Candi Borobudur. Jumlahnya mencapai 3.000!

"Itu dari vandalisme pengunjungnya yang di pengamatan kita dan selalu kita lakukan pembersihan. Ada semua, teras stupa," kata Kepala BKB, Tri Hartono kepada wartawan di kantornya, Kamis (13/2/2020).

Staf BKB Bagian Keamanan, Hari Setyawan menambahkan, Candi Borobudur saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat pengawasan untuk mengantisipasi aksi vandalisme. Aksi vandalisme yang disebutnya tidak terdeteksi salah satunya pengunjung iseng yang menempel permen karet bekas di batuan candi.

Dia mengungkap aksi corat-coret di Candi Borobudur pada tahun 2019 sudah menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Apabila bapak ibu memperhatikan secara detail pada lantai, pada stupanya akan ada noda putih-putih, bullet-bulet itu, itu adalah noda-noda permen karet yang dihasilkan oleh pengunjung. Tentu saja susah kita kontrol. Kita tidak mungkin kan orang masuk sini,'mas mulutnya dibuka mas, ada permen karetnya tidak', itulah yang sulit kita kontrol," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2