Ganjar Minta 10 Warganya yang Pulang Observasi dari Natuna Tak Dikucilkan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 15:04 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di kantor Biro Jateng-DIY, Sabtu (1/2/2020).
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Foto: Tim Detikcom
Semarang -

Ratusan WNI yang selesai dikarantina di Natuna terkait isu Corona segera pulang ke rumah masing-masing besok. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta warganya untuk menerima para enam WNI asal Jateng yang dia dipastikan sudah dalam kondisi sehat.

"Nanti mendarat di Jakarta, penghubung kami siap untuk membantu. Sementara itu, detailnya belum," kata Ganjar saat menghadiri penganugrahan gelar Doktor Honoris Causa Puan Maharani di Undip Semarang, Jumat (14/2/2020).

Ganjar menegaskan, Pemprov Jawa Tengah akan memberikan bantuan untuk mereka supaya bisa sampai di rumah masing-masing.

"Tapi kita siapkan bantuan mereka sampai rumah masing masing," katanya.

Ganjar berpesan kepada tetangga atau kerabat dari warga yang selesai melakukan karantina di Natuna agar tidak khawatir dan tidak mengucilkannya. Ganjar menegaskan mereka sudah sehat.

"Titip pesan saja, masyarakat menerima dengan baik agar tidak mengucilkan. Sudah dicek sudah sehat, tidak usah takut. Kalau nanti pada keluarga dan bersangkutan kerasa tidak enak badan, periksa ke dokter kita dari Dinkes siap memantau," jelas Ganjar.

Dari informasi yang diperoleh detikcom dari Ganjar Pranowo disebutkan kepulangan dari Natuna yaitu hari Sabtu (15/2) besok pukul 15.00 WIB menggunakan pesawat menuju Halim Perdana Kusuma Jakarta.

"Ya ada 10 bsk sampai di jakarta.. sampai jakarta dibiayai bnpb, dari jakarta ke titik masing masing dari kami," demikian pesan singkat Ganjar kepada detikcom.

Biaya tiket pesawat dari Jakarta ke bandara tujuan di Jateng di tanggung oleh BNPB. Sedangkan kepulangan dari Bandara tujuan ke Kabupaten Kota di Jateng menjadi tangungan Pemprov Jateng.

"Kita siapkan bantuan agar mereka sampai di rumah masing-masing," lanjut Ganjar.

Ada 10 warga Jawa Tengah yang akan pulang, 2 di antaranya akan turun di Yogyakarta. Sedangkan lainnya akan kembali ke daerah asalnya di Kota Semarang, Pati, Kendal, Tegal, Pemalang, Sukoharjo, dan Kebumen.

Simak Video "Wajah Virus Corona SARS-CoV-2 di Mikroskop Elektron"

[Gambas:Video 20detik]

(alg/sip)