Penjelasan Lengkap Jamaah Muslim Geografi UGM Soal Postingan Foto Blur

Larastining Retno Wulandari - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 14:21 WIB
Ketua Terpilih Jamaah Muslim Geografi (JMG) 2020 UGM, Kamis (14/2/2020).
Foto: Ketua Terpilih Jamaah Muslim Geografi (JMG) 2020 UGM. (Larastining Retno Wulandari/detikcom)
Yogyakarta -

Jamaah Muslim Geografi (JMG) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) akhirnya angkat bicara terkait foto pengurus perempuan yang diblur dan berujung polemik. Berikut ini penjelasan lengkap dari pengurus JMG UGM.

Mengawali penjelasannya, Ketua Terpilih JMG UGM tahun 2020, Sandy Danu menyampaikan polemik ini tidak hanya menimpa lembaga dakwah yang dipimpinnya itu. Dia menyampaikan, interpretasi menjadi hak masing-masing netizen.

"Jadi, tidak sekali ini saja terjadi. Tidak hanya JMG saja. Kalau dari saya sendiri, itu hak mereka sendiri untuk menginterprestasi upload-an tersebut. Hanya saja, kami tidak ada maksud apapun untuk membuat suasana tidak kondusif," ujar Sandy saat ditemui detikcom, di kampus UGM, Kmais (13/2/2020).

Dalam kesempatan ini, Sandy menjelaskan foto itu diposting dalam rangka soft launching kepengurusan baru JMG UGM. Pemburaman foto tersebut, jelas Sandy merupakan upaya dari lembaganya untuk menjembatani keinginan beragam dari pengurus dan anggota perempuan di JMG UGM.

"Jadi, ini murni keinginan pribadi, keinginan individu teman-teman perempuan. Jadi, itu adalah jalan tengahnya. Jadi, kami blur foto itu. Ini adalah kesepakatan kami bersama dan ini juga muncul dari keinginan dari pribadi masing-masing," terang Sandy.

Sandy tak menampik pemburaman foto itu bukan tuntunan Islam. Namun dia menegaskan keputusan di balik foto blur itu, sifatnya keinginan pribadi.

Polemik Foto Blur Mahasiswi Geografi UGM, Dekan Perintahkan Dihapus :

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2