23 Warga Brebes Positif Terjangkit DBD, 1 Anak Meninggal Dunia

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 16:27 WIB
Singapura Gelar Perang Unik Cegah Wabah Demam Berdarah Dengue
Foto: DW (Soft News)
Brebes -

Jumlah warga Brebes, Jawa Tengah, yang dinyatakan positif terkena demam berdarah dengue (DBD) sebanyak 23 orang. Satu orang di antaranya, masih usia kanak-kanak, meninggal dunia.

Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes mencatat sebagian besar penderita DBD berusia dewasa. Secara rinci disebutkan, usia di bawah 18 tahun sebanyak 11 orang, dan 12 orang lainnya berusia di atas 18 tahun.

"(Pemeriksaan) Laboratorium menunjukan hasil positif. Untuk pasien dengan gejala mirip DBD belum bisa kami laporkan karena menunggu hasil laboratorium," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Imam Budi Santoso, Kamis (13/2/2020).


Dari catatan yang ada menunjukkan pada 2018 di pertengahan Februari jumlah penderita DBD di Brebes sebanyak 40 orang dan empat di antaranya meninggal dunia. Pada tahun 2019 hingga pertengahan Februari jumlah penderita sebanyak 60 orang, dan meninggal dunia sebanyak enam orang.

"Mudah-mudahan tidak meningkat lagi. Pada periode yang sama (pertengahan Februari) tahun ini, ada 23 positif DB dan meninggal cuma 1 orang," terangnya.

Pada tahun ini, penderita DBD yang meninggal dunia adalah Arneska Nailal Raizano, bocah laki-laki 11 tahun warga Jalan MT Haryono Brebes. Bocah ini meninggal setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2