Sluurr! Sayembara Desain Masjid Agung Jateng Berhadiah Ratusan Juta

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 17:34 WIB
Sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah, Rabu (12/2/2020).
Foto: Sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah. (Tangkapan layar di media sosial)
Magelang -

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana membangun Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang. Saat ini Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya membuka sayembara desain masjid tersebut.

Informasi sayembara ini di-posting akun Instagram @dpubmckjateng pada 10 Februari 2020.

"Sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang Tahun 2020," demikian bunyi kutipan dalam posting-an @dpubmckjateng seperti dikutip detikcom, Rabu (12/2/2020).

Tertulis info hadiah bagi pemenang sayembara ini, yakni juara 1 mendapat Rp 75 juta, juara 2 Rp 50 juta, dan juara 3 Rp 25 juta.

Posting-an itu kemudian di-repost oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui akun @ganjar_pranowo yang berbunyi:

'Reposted from @dpubmckjateng Tuangkan ide kalian dalam
Sayembara Desain Masjid Agung Jawa Tengah
di Kabupaten Magelang Tahun 2020
kita tunggu hasil karya mu.
#SayembaraDesainMAJT
#JatengGayeng - #regrann'

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Sugiyono membenarkan Masjid Agung Jawa Tengah akan dibangun di wilayahnya. Saat ini tengah digelar sayembara desain yang diinisiasi Pemprov Jateng.

"Nanti desainnya seperti apa nunggu yang disayembarakan ini. Jadi nanti posisi Masjid Agung seperti apa nunggu yang dilombakan ini," kata Sugiyono saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/2/2020).

Sugiyono menyebut proses pembangunan masjid seluruhnya dilakukan Pemprov Jateng. "Nanti pembangunan Masjid Agung oleh provinsi. Sejak DED, Amdal, kemudian pembangunannya itu nanti oleh provinsi Jawa Tengah," terangnya.

Sugiyono mengungkapkan Masjid Agung Jawa Tengah rencananya akan dibangun di Jalan Raya Soekarno-Hatta, Sawitan, Kecamatan Mungkid. Saat ini, sebagian lahan tersebut telah berdiri Masjid Agung An-Nuur.

Masjid Agung Jawa Tengah bakal dibangun di lahan seluas 5 hektare. Sementara Pemkab Magelang telah memiliki lahan sekitar 1,6 hektare.

"Masjid Agung Jawa Tengah dibangun di kompleks Masjid An-Nuur. Untuk itu, masih kurang 3,4 hektare yang dicukupi oleh provinsi," kata Sugiyono.

(rih/ams)