Kafe Milenial

KKN Penuh Kisah, Mulai Gelisah sampai Tulang Ekor Patah

Larastining Retno Wulandari - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 07:59 WIB
Lailatul Pitriyah, mahasiswa Manajemen UPN 2017, Senin (10/2/2020).
Lailatul Pitriyah (Foto: Larastining Retno Wulandari/detikcom)
Yogyakarta -

Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang harus dilaksanakan mahasiswa biasanya penuh dengan kisah. Tidak hanya saat KKN sudah berlangsung, persiapan menghadapinya pun penuh dengan lika-liku.

Salah seorang mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Lailatul Pitriyah membagikan kisahnya. Meski baru memasuki minggu kedua kegiatan perkuliahan, dia mengaku bersama teman-tema angkatannya sudah mulai sibuk mencari teman kelompok KKN.

"Grup LINE (Jurusan) manajemen angkatan 2017 sudah penuh dengan ajakan bergabung dalam kelompok KKN, bahkan dari hari pertama kuliah," ujar Pitri kepada detikcom, Minggu (9/2/2020).

Sebagian besar anggota kelompok Pitri berasal dari organisasi daerah (orda) Indramayu. Ia mengaku, bersama teman-temannya sudah berjanji akan satu kelompok bahkan sejak berstatus sebagai mahasiswa baru.

Meski ia sudah memiliki kelompok, hal ini tidak mengurangi kekhawatirannya. Ia bahkan merasa belum siap menghadapi program selama tiga puluh hari ini. Sebab, ia baru mengandalkan informasi tentang KKN dari angkatan tahun lalu.

"Aku belum siap menghadapi KKN. Selain karena belum tahu persyaratan resminya, aku belum siap menghadapi kemungkinan putus hubungan pertemanan pasca-KKN. Sebab, selama tiga hari di satu atap yang sama, tentu aku bisa mengenali watak mereka," aku mahasiswi semester 6 ini.

Untuk mengatasi kegelisahan ini, Pitri memilih teman-teman yang tidak begitu akrab dengannya. Ia merasa, kemungkinan kehilangan teman akrabnya pun menjadi lebih kecil.

Selanjutnya
Halaman
1 2