FX Rudy Singgung Aksi Gibran Bagi-bagi Air: Saya Ditegur Menteri

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 18:26 WIB
Gibran Rakabuming Raka temui Ketua DPC PDIP yang juga Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Minggu (9/2/2020).
Momen pertemuan FX Rudy dengan Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Solo (Foto: Istimewa)
Solo -

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyinggung soal aksi putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka saat distribusi air. FX Rudy mengaku dia mendapat teguran dari menteri karena dikira Solo kekeringan.

"Saya ditegur oleh Pak Menteri PUPR, Solo kekeringan. Kemarin ada euforia membagi air (yang dilakukan Gibran), sebetulnya kan kita tidak kekeringan. Tapi saya harus konfirmasi bahwa Solo tidak ada kekeringan waktu itu," kata Rudy, Senin (10/2/2020).

Hal ini disampaikan Rudy saat menjawab pertanyaan wartawan terkait pengakuan Gibran yang merasa ditegur olehnya. Rudy yang juga sebagai Ketua DPC PDIP Solo ini lalu meminta Gibran agar tidak melakukan kegiatan yang dirasa tidak perlu. Apalagi sebelum rekomendasi soal Pilkada Solo diumumkan oleh DPP PDIP. Itu yang disampaikan Rudy saat bertemu dengan Gibran di rumah dinas Loji Gandrung.

"Saya tidak mengritik (Gibran), saya meminta agar sebelum rekomendasi turun, kegiatan-kegiatan yang dipandang tidak perlu, tidak usah dilakukan," ujar Rudy.

Rudy mengatakan tidak banyak memberikan pesan kepada Gibran. Apalagi saat itu pertemuannya dengan Gibran hanya sebentar.

"Saya tidak banyak bicara panjang lebar, ngomong cuma sebentar," kata dia.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapatkan pesan hingga teguran dari Rudy. Kala itu, Gibran menemui Rudy untuk pamit mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) DPP PDIP.

Menurut Gibran, suasana pertemuan dengan FX Rudy itu berlangsung cair. Dalam kesempatan itu, dia mengaku mendapatkan banyak pesan hingga masukan positif dari Rudy. Gibran juga menyebut mendapatkan teguran.

"Banyak pesan. Pesannya nanti biar disampaikan Pak Rudy sendiri. Kan sudah lama tidak ketemu. Banyak hal-hal menarik, banyak teguran-teguran juga, semua saya tampung," ujar Gibran saat ditemui di kawasan Badran, Laweyan, Minggu (9/2).

Tonton juga Gibran Rogoh Kocek Pribadi Buat Modal Pilwalkot Solo :

[Gambas:Video 20detik]

(ams/sip)