Berkas Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Diserahkan ke Kejaksaan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 16:17 WIB
Keraton Agung Sejagat
Keraton Agung Sejagat. Ilustrator: Edi Wahyono
Semarang -

Polda Jawa Tengah melimpahkan berkas perkara atau berita acara pemeriksaan (BAP) Keraton Agung Sejagat ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah. Saat ini jaksa tengah meneliti kelengkapan berkas tersangka 'Raja' Toto Santoso dan 'Ratu' Fanni Aminadia.

"Dua berkas diterima jaksa tanggal 5 Februari 2020 lalu. Saat ini berkas sedang diteliti jaksa," kata Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jawa Tengah, Joko Purwanto, ditemui di kantornya, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (10/2/2020).

"Tersangkanya dua, yang sudah diketahui (Toto Santoso dan Fanni Aminadia)," sambungnya.

Berkas Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Diserahkan ke KejaksaanAsisten Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Joko Purwanto, Senin (10/2/2020). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Joko menerangkan, pihaknya memiliki waktu 14 hari untuk mempelajari berkas 'Raja' Toto dan 'Ratu' Fanni tersebut. Jika dinyatakan lengkap atau P21, maka tahap selanjutnya adalah pelimpahan dua tersangka ke kejaksaan. Sebaliknya jika belum lengkap, maka berkas akan dikembalikan kepada penyidik untuk dilengkapi.

"Setelah berkas nanti dinyatakan lengkap, baru tersangka dan barang bukti diserahkan ke sini (jaksa)," jelasnya.

Untuk lokasi sidang nantinya, Joko menjelaskan kemungkinan besar digelar di Purworejo sesuai locus atau tempat kejadian perkara dan saksi-saksi ada di sana. Namun, Joko juga menyebut tidak menutup kemungkinan sidang digelar di Semarang karena tersangka ditahan di Polda Jawa Tengah.

"Kejadiannya di sana (Purworejo), kalau jaksa memungkinkan sidang di sana ya bisa," katanya.

Simak Video "Membuka Selubung Keraton Agung Sejagat"

[Gambas:Video 20detik]

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2