Jatuh Bangun Mi Ayam Bu Tumini hingga Jadi Legendaris

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 15:17 WIB
Pemilik Mi Ayam Bu Tumini meninggal dunia pada Jumat (7/2). Terpantau warungnya di Jalan Imogiri Timur, Yogyakarta, masih tutup hingga hari ini.
Warung mi ayam Bu Tumini di Yogyakarta. (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Bu Tumini memang telah tiada. Namun kisah perjuangannya membangun bisnis mi ayam Tumini membuat kuliner ini jadi legendaris layak diulas.

Mi ayam ini sudah ada sejak 1990-an. Warungnya dibuka Bu Tumini dan suaminya di sekitar Terminal Bus Giwangan, Yogyakarta.

Salah seorang karyawannya, Mursam (44), bercerita warung mi ayam Tumini tak sebesar saat ini. Pria yang sudah belasan tahun bekerja di warung mi ayam Tumini ini bercerita bisnis Bu Tumini sempat melalui masa sulit.

"Jadi saat ditinggal almarhum (suami Tumini) sempat ambleg, dulu itu dalam sehari hanya habis (mi) 2-5 kilogram saja. Terus dipegang Bu Tumini mulai bangkit lagi sampai jadi seperti sekarang ini," saat berbincang dengan wartawan tahun lalu.

Menurutnya, mi ayam Tumini berkembang pesat karena memiliki ciri khas kuah ayam yang kental. Selain itu, mi yang digunakan adalah mi buatan sendiri.

"Ciri khasnya dari zaman dulu (sejak berdirinya mi ayam Tumini) adalah kuahnya yang kental, kuah (ayam) yang kental itu karena kaldunya dan pakai santan yang masak, itu yang membedakan dengan mi ayam lainnya," ujarnya.

Simak Video "Pemilik Mi Ayam Legendaris 'Tumini' Meninggal Dunia"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2