Jenazah Pemilik Mie Ayam 'Bu Tumini' Yogya Dimakamkan di Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 08 Feb 2020 15:30 WIB
mie ayam
Mie Ayam Bu Tumini (Foto: Pradito Rida Pertana/detikfood)
Yogyakarta -

Bu Tumini, Pemilik mie ayam legendaris 'Bu Tumini' di Yogyakarta, meninggal dunia, Jumat (7/2) malam. Jenazahnya dimakamkan hari ini di kampung halamannya di Desa Jatiayu, Karangmojo, Gunungkidul.

Sebelumnya, Kepala Desa Jatiayu, Karangmojo, Gunungkidul, Giyono, membenarkan kabar meinggalnya Bu Tumini, pemilik mie ayam legendaris 'Bu Tumini' yang sangat terkenal di Yogya. Bu Tumini tutup usia pada umur 63 tahun.

"Benar. Meninggalnya semalam, terus dari RS di Yogya langsung dibawa ke Jatiayu," kata Giyono saat dihubungi detikcom, Sabtu (8/2/2020).


Menurut Giyono, almarhumah sudah dimakamkan pukul 11.00 WIB tadi di pemakaman umum setempat. "Tadi dimakamkan jam 11, sudah dimakamkan. Di (TPU) Sawahan, Desa Jatiayu," jelasnya.

Sebelum meninggal, Tumini sempat mengeluh sesak napas saat makan malam. Bu Tumini dilarikan ke rumah sakit namun tak tertolong jiwanya.

"(Penyebab meninggalnya) Karena gerah (sakit), sebelumnya sesak napas," Kepala Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Giyono saat dihubungi detikcom, Sabtu (8/2/2020).


Dari informasi yang diperoleh Giyono, sesak napak Bu Tumini terjadi tadi malam tepatnya setelah Tumini santap malam. Menurutnya, hal itu membuat Tumini dilarikan ke rumah sakit.

"Jadi setelah makan itu (Bu Tumini) sesak napas, ke kamar mandi atau apa tahu-tahu sudah jatuh, terus dilarikan ke rumah sakit di Yogya.

Simak Video "Aksi Cak Uji Bikin Mie Ayam Terbang di Yogyakarta"

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)