Round-Up

Masih Ada Juga Peserta Ujian CPNS Percaya Jimat di Era Milenial

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 08:14 WIB
Salah satu jimat yang diamankan dari peserta tes CPNS di Semarang, Kamis (6/2/2020).
Salah satu jimat yang diamankan dari peserta tes CPNS di Semarang. (Foto: Tangkapan layar di medsos)
Semarang -

Ada saja upaya peserta tes CPNS agar bisa sukses lulus dan menjadi pengabdi untuk negara. Di Semarang, ada peserta tes yang kepergok bawa jimat.

Peserta itu mengikuti Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang hari Senin (3/2) lalu. Ada dua jenis jimat yang sempat diamankan panitia.

"Dua kali ketemu jimat, berupa kertas tulisan (huruf) arab gundul sama kayak ketapel, kecil. Ya ditinggal, permen sama uang koin saja ditinggal," kata Ketua Pelaksana dari Udinus untuk CAT CPNS 7 Kab/Kota Jawa Tengah, Mohamad Sidiq, Kamis (6/2).


Proses sebelum peserta mengikuti ujian di ruangan sangat detail dan rapi di Udinus. Beberapa tahap dilewati termasuk pengecekan tubuh oleh Menwa. Jimat itu ketahuan saat pengecekan tubuh. Barang yang tidak diperkenankan ditinggal dan boleh diambil lagi.

"Ya bawa badan sama kartu ujian dan KTP saja. Alat tulis sudah disiapkan," jelasnya.

Udinus menjadi lokasi tes CPNS yang diikuti 35.980 dari 7 Kabupaten/Kota di Jateng mulai 27 Januari hingga 15 Februari 2020. Tujuh daerah tersebut Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Batang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Wonosobo.


Udinus mempersiapkan lokasi tes mulai dari kantong parkir hingga antisipasi mati lampu. Mereka berkoordinasi dengan PLN dan menyiapkan genset 400 KVa.

"Kita sudah koordinasi dengan PLN agar jangan ada pemadaman bergilir dulu. Kita juga beli genset," ujarnya.

(alg/mbr)