Presiden Singapura Temui Sultan di Keraton Yogya, Ini yang Dibahas

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 22:59 WIB
Presiden Singapura HE Halimah Yacob meninggalkan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu (5/2/2020).
Presiden Singapura HE Halimah Yacob meninggalkan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu (5/2/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Presiden Singapura, HE Halimah Yacob berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Halimah melakukan pertemuan tertutup dengan Raja sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Apa yang dibahas?

"Ini adalah kunjungan Presiden Singapura yang pertama semenjak beliau menjadi Presiden," kata Direktur Asia Tenggara, Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri RI, Denny Abdi, saat ditemui wartawan di depan Regol Keben, kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu (5/2/2020).

"Hari ini beliau (Halimah) berkunjung ke Yogyakarta, dijamu oleh Sri Sultan (HB X). Jamuan makan malam hari ini, dan besok akan berkunjung ke beberapa lokasi, termasuk ke UGM untuk melihat kerja sama pendidikan antara Singapura dan Indonesia," sambung Denny.

Kunjungi Keraton Yogya, Ini yang Dibahas Presiden Singapura dan Sultan HB XDirektur Asia Tenggara, Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri RI, Denny Abdi, Rabu (5/2/2020). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Menyoal topik apa yang dibahas saat melakukan pertemuan tertutup, Denny menyebut tidak ada pembicaraan khusus. Keduanya hanya membahas hubungan Indonesia dan Singapura di beberapa sektor.

"Di dalam cuma membahas mengenai secara umum hubungan bilateral antara Indonesia dengan Singapura, kedekatan kedua negara, dan banyak kerja sama pendidikan, pelatihan yang dijalankan selama ini," ujarnya.

Pantauan detikcom, Halimah beserta rombongan meninggalkan kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pukul 21.25 WIB. Tampak putri sulung Sultan HB X, GKR Mangkubumi turut mengantar kepulangan Halimah hingga Regol Keben.

(rih/rih)