Kabar Terkini Sukiyah yang Sempat Berambut Gimbal dan Jadi Sarang Tikus

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 12:45 WIB
Sukiyah, seorang perempuan di Kabupaten Semarang tidak mandi selama 27 tahun. Kondisinya memprihatinkan karena rambutnya menjadi gimbal hingga menjadi sarang tikus.
Sukiyah saat dievakuasi dari rumahnya di Kabupaten Semarang. (Foto: dok. ACT)
Yogyakarta -

Kondisi Sukiyah yang ditemukan dalam kondisi mengenaskan, berambut gimbal dan jadi sarang tikus, kini sudah membaik. Bagaimana kabar terbarunya?

"Sudah bisa jalan sendiri, malah ngajak ke pasar. Ya besok saya ajak ke pasar. Yang dekat sini di Kecamatan Getasan," ujar relawan yang memotong dan menyelamatkan Sukiyah, Ardian Kurniawan Santoso, saat berbincang dengan detikcom, Selasa (4/2/2020).

Ardian mengungkapkan kini tubuh Sukiyah sudah lebih berisi. Sukiyah juga sudah mau makan sendiri tanpa bantuan orang lain. Menu makanan kesukaannya adalah sate dan ikan asin.

Komunikasi Sukiyah dengan Ardian dan salah seorang mentornya di Rumah Pemulihan Efata, Yuliana Lina, juga semakin lancar. Namun, kata Ardian, Sukiyah masih terbata-bata bila berbincang dengan orang selain dirinya dan Yuliana.

"Ya bisa tertawa-tawa. Ngobrol panjang sama saya, saya sambung-sambungin saja ngobrolnya," kata Ardian.

Setiap ditinggal pulang oleh Ardian, Sukiyah jadi murung, sehingga Ardian masih terus memantau kondisi Sukiyah setiap hari.

Simak Video ''Penampilan Baru Sukiyah yang Rambutnya Dihuni Tikus dan Kecoa"

[Gambas:Video 20detik]