Wartawan Gadungan Tipu-tipu CPNS di Kebumen, 122 Orang Jadi Korban

Rinto Heksantoro - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 12:59 WIB
Penipuan wartawan gadungan, 122 orang jadi korban, Kebumen, Senin (3/2/2020)
Wartawan gadungan dibekuk Polres Kebumen. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen -

Polisi Kebumen membekuk tiga orang pria yang bekomplot menipu bermodus penerimaan CPNS. Sejauh ini sudah ada 122 korban yang tertipu aksi tiga tersangka tersebut.

Para tersangka yakni Asep Supriadi (43) warga Desa Wanancala, Kecamatan Prembun, Kebumen; Edi Samsudin (66) warga Kelurahan Pasireurih, Kecamatan Tamansari, Bogor dan Rudiansyah (33) warga Jl MT Haryono 10-18, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Masih ada tiga tersangka lain yang kini masih dalam pengejaran polisi.

"Untuk tiga tersangka lain masih DPO. Jadi para tersangka ini mengaku bisa merekrut para korban dan menjanjikan bisa masuk PNS atau ASN," ungkap Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat menggelar pers rilis di Polres Kebumen, Senin (3/2/2020).

Aksi para tersangka ini, kata Rudy, sudah berlangsung sejak tahun 2016. Hasil pengembangan dan penyelidikan polisi, sedikitnya 122 orang yang jadi korban.

Merasa tertipu, akhirnya para korban melaporkan kasus tersebut hingga akhirnya para tersangka berhasil dibekuk petugas pada pertengahan Januari 2020 di rumah mereka masing-masing.

Simak Juga Video "Jelaskan Tes CPNS di DPR, Kepala BKN Contohkan Gagalnya Kahiyang Ayu"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2