Haedar Nashir Kenang Gus Sholah Sebagai Sosok Peduli HAM dan Moderat

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 11:59 WIB
Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir di Bantul, Senin (3/2/2020).
Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir di Bantul. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul -

KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah wafat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, Minggu (2/2). Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir, menilai Gus Sholah merupakan sosok yang mengembangkan Islam moderat di Indonesia.

Haedar mengungkapkan, atas nama pribadi dan mewakili keluarga besar Muhammadiyah menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Gus Sholah. Haedar menilai Gus Sholah adalah sosok yang berpengaruh dalam mengembangkan Islam moderat di Indonesia.

"Kami merasa kehilangan sosok yang rendah hati, terbuka, demokratis, peduli pada HAM dan moderat," ucapnya saat ditemui wartawan di kediamannya, Jalan Sunan Kudus No 1 B, RT 4, Peleman, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Senin (3/2/2020).

Haedar melanjutkan, Gus Sholah adalah sosok yang sangat perhatian dalam pengembangan dan praktik Islam yang moderat dalam kehidupan. Menurutnya, hal itu adalah salah satu kelebihan dari Gus Sholah.

"Beliau bisa berada di tengah dan merangkul semua orang dan itu beliau praktikkan dalam kehidupan nyata, ini kelebihan beliau. Selain itu beliau selalu menunjukkan sikap yang moderat dalam kehidupannya," ujarnya.

"Beliau juga jarang membuat pernyataan dan sikap yang ekstrem yang menimbulkan kontroversi, yang itu menunjukkan sikap kemoderatan Gus Sholah," lanjut Haedar.

Simak Video "Diiringi Doa, Gus Sholah Diberangkatkan Ke Tebuireng"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2