Pria Bakar 7 Al-Qur'an di Pemalang, Polisi: Ngaku Dapat Bisikan

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 17:13 WIB
Jumpa pers pembakaran Al-Quran di Pemalang, Kamis (30/1/2020)
Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu saat jumpa pers soal pembakaran Al-Qur'an di Alun-alun Pekalongan (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pemalang -

Pria yang membakar Al-Qur'an di Pemalang, Nuril Ma'arif mengaku kepada polisi mendapatkan bisikan sebelum melakukan aksinya. Nuril juga menulis bisikan-bisikan yang dia dapatkan di buku tulis.

"Selain Al-Qur'an ada buku tulis (yang disita). Di buku tulis dia menulis setiap mendapatkan bisikan, dia perintah dari bisikan (untuk bakal Al-Qur'an)," kata Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu saat jumpa pers di Mapolres Pemalang, Jl Jendral Sudirman Timur, Pemalang, Kamis (30/1/2020).

Edy mengatakan peristiwa pembakaran Al-Qur'an itu terjadi pukul 10.10 WIB tadi di area Alun-alun Pemalang. Nuril mengaku membakar tujuh Al-Qur'an atas perintah bisikan tersebut.

"Al Qur'an (yang dibakar) sementara tujuh (eksemplar)," jelasnya.

Saat peristiwa pembakaran Al-Qur'an itu terjadi, polisi sedang berpatroli di sekitar lokasi kejadian. Warga Tegal itu pun langsung diamankan dan dimintai keterangan di Mapolres Pemalang.

"Pada saat bersangkutan melakukan tindak pidana, patroli kami melintas dan langsung mengamankan di polres. Dilakukan pemeriksaan intensif," tuturnya.

TKP pembakaran Al-Qur'an terlihat masih ada sisa abu hasil pembakaranTKP pembakaran Al-Qur'an terlihat masih ada sisa abu hasil pembakaran (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Sebelumnya diberitakan, foto Nuril saat membakar Al-Qur'an viral di media sosial. Salah satu yang mengunggah foto tersebut adalah akun Instagram
pemalang.update. Saat dilihat detikcom pukul 15.24 WIB, foto tersebut diunggah 4 jam lalu dan mendapat 97 komentar dan 1.416 like.

Sebanyak lima foto diunggah oleh akun pemalang.update. Foto-foto itu menunjukkan seorang pria berkaus merah dikelilingi sejumlah polisi. Foto lain menunjukkan kertas bertulisan huruf Arab yang tampak hangus.

(ams/sip)