Round-Up

Senyum Sukiyah yang Kini Bebas dari Rambut Gimbal Jadi Sarang Tikus

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 11:33 WIB
Sukiyah yang tidak mandi 27 tahun dan rambutnya menjadi sarang tikus kini di Rumah Pemulihan Efata, Semarang. Kondisinya kini sudah berangsur membaik.
Sukiyah bersama relawan yang memotong rambutnya, Ardian Kurniawan Santoso. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Yogyakarta -

Hidup sebatang kara bertahun-tahun, Sukiyah (50) ditemukan dalam kondisi mengenaskan di rumahnya di Kabupaten Semarang. Rambut Sukiyah gimbal hingga jadi sarang tikus, kecoak dan bangkai.

Saat didatangi relawan pada Rabu (22/1), Sukiyah duduk di tikar yang menutup tanah yang jadi alas rumah kayunya. Perempuan itu juga buta sejak kecil.

Selain itu, Sukiyah disebut sudah belasan tahun tidak berjalan kaki. Warga juga mengatakan, sudah 27 tahun Sukiyah tidak mandi.

Setiap akan dibantu oleh tetangganya, Sukiyah selalu menolak dan memberontak. Meski begitu, dia mendapat selalu mendapat bantuan makanan dari tetangga dekatnya, Wagiyem.

Hingga akhirnya seorang relawan bernama Ardian Kurniawan Santoso berhasil membujuk Sukiyah untuk potong rambut. Sukiyah sempat minta susu dan sampo hitam. Dengan bujuk rayu dan canda, Ardian memotong rambut Sukiyah selama 20 menit. Sukiyah yang tadinya murung, perlahan mau tersenyum lalu tertawa.

Usai rambutnya dipotong, Sukiyah dibawa ke Rumah Pemulihan Efata. Di tempat itu, Sukiyah perlahan memperlihatkan perkembangan yang positif mulai dari nafsu makan meningkat dan mulai bisa berjalan kaki, meski harus dititah.

Simak Video "Miris! Wanita Dikurung di Rumah Kayu, Tak Mandi Bertahun-tahun"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2