Kagetnya Relawan Saat Lihat Rambut Sukiyah Dihuni Tikus dan Kecoak

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 13:37 WIB
Sukiyah, seorang perempuan di Kabupaten Semarang tidak mandi selama 27 tahun. Kondisinya memprihatinkan karena rambutnya menjadi gimbal hingga menjadi sarang tikus.
Sukiyah bersama relawan Ardian Kurniawan Santoso. Foto: Dok. ACT
Yogyakarta -

Seorang perempuan bernama Sukiyah diselamatkan dengan kondisi mengenaskan di rumahnya, Kabupaten Semarang. Relawan mengaku kaget saat pertama kali melihat kondisi Sukiyah yang rambut gimbalnya dihuni tikus dan kecoak.

"Kaget juga. Rambutnya gimbal sekitar 1,5 meter. Di rambutnya itu ada beberapa tikus, kecoa, ada juga tulang tikus, bangkai," cerita Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ardian Kurniawan Santoso, Semarang, Senin (27/1/2020).

Ardian mengaku mendapat kabar tentang Sukiyah pada Selasa (21/1). Dari kabar yang diperolehnya, Ardian mengetahui ada seseorang yang menyeramkan perlu bantuan.

"Dapat kabar dari salah satu relawan ada sosok manusia menyeramkan. Digambarkan seperti genderuwo," tuturnya.

Dia langsung mendatangi rumah Sukiyah di Dusun Karangombo, Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang keesokan harinya. Sukiyah tinggal di sebuah rumah kayu seorang diri. Pintu rumah Sukiyah dikunci dari luar karena berdasarkan cerita warga, Sukiyah sering tidur di luar.

Tak hanya itu, warga bercerita kepada Ardian, Sukiyah selalu histeris tiap didekati warga yang ingin membantunya. Namun Ardian tak gentar.

Simak Video "Miris! Wanita Dikurung di Rumah Kayu, Tak Mandi Bertahun-tahun"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2