Bujuk Rayu Relawan Saat Potong Rambut Sukiyah yang Dihuni Tikus dan Kecoak

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 12:11 WIB
Sukiyah, seorang perempuan di Kabupaten Semarang tidak mandi selama 27 tahun. Kondisinya memprihatinkan karena rambutnya menjadi gimbal hingga menjadi sarang tikus.
Sukiyah yang rambutnya dihuni tikus dan kecoak saat diselamatkan oleh relawan. (Foto: dok. ACT)
Yogyakarta -

Seorang perempuan bernama Sukiyah diselamatkan dari rumahnya dengan kondisi rambut gimbal dan sudah dihuni tikus dan kecoak. Seorang relawan, Ardian Kurniawan Santoso, menceritakan bujuk rayunya untuk bisa menyelamatkan Sukiyah.

Ardian mengungkapkan warga yang melaporkan kondisi Sukiyah bercerita perempuan berusia sekitar 50 tahun itu selalu memberontak tiap didekati warga. Padahal warga ingin menolong dan membersihkan tubuh Sukiyah, yang disebut-sebut sudah 27 tahun tak mandi itu.

"Pernah akan dimandikan sampai empat orang, (Sukiyah) berontak. Saudara jauhnya juga tidak berani (mendekati Sukiyah)," kata Ardian kepada wartawan, Senin (27/1).

Meski sudah mendengar cerita itu, Ardian tetap memantapkan hati untuk mencoba berkomunikasi dengan Sukiyah pada Rabu (22/1). Dia berbicara lembut dan berusaha merayu Sukiyah. Menurut Ardian, Sukiyah masih bisa berkomunikasi dengan lancar.

Miris! Wanita Dikurung di Rumah Kayu, Tak Mandi Bertahun-tahun:

Selanjutnya
Halaman
1 2