Banjir di Margadana Tegal Surut, Pengungsi Kembali ke Rumah

Imam Suripto - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 21:58 WIB
Banjir di Margadana, Kota Tegal. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Kota Tegal -

Banjir yang menggenangi sejumlah kelurahan di Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah mulai surut. Para pengungsi yang terdampak banjir sebagian besar sudah kembali ke rumah masing-masing.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Tegal, Andri Yudi Setiawan mengatakan, Minggu (26/1/2020) sore ini air sudah mulai menyusut. Pengungsi sudah meninggalkan aula Kantor Kecamatan Margadana yang dijadikan tempat pengungsian.

"Sekarang sudah surut. Sebagian sudah pada pulang ke rumah masing-masing. Namun posko BPBD dan dapur umum beserta tim kesehatan masih standby di Pendopo Kecamatan Margadana," kata Andri Yudi Setiawan.


Pantauan detikcom pada Minggu petang, sebagian wilayah RT 02, 03, 04 RW 1 Kelurahan Sumurpanggang masih tergenang. Ketinggian air masih setinggi lutut orang dewasa.

Di lokasi tersebut, beberapa petugas posko gabungan masih menerima dan membagikan logistik seperti mie instan beras dan lain lainnya. Daerah ini masih tergenang banjir lantaran berada di dataran yang rendah.


Sementara kondisi underpass dan wilayah Kelurahan Kalinyamat Kulon, Kecamatan Margadana air sudah surut. Jalan ini menyisakan endapan lumpur yang terbawa air sungai.

Diberitakan sebelumnya, beberapa kelurahan di Kecamatan Margadana terendam banjir akibat hujan yang mengguyur Kota Tegal, pada Sabtu malam. Kelurahan di kecamatan Margadana yang terkena banjir adalah Kelurahan Sumurpanggang, Pesurungan Lor, dan Pesurungan Kidul.

(mbr/mbr)