Round-Up

Mencatat Saran Raja Yogya Terkait Fenomena Maraknya Keraton KW

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 09:46 WIB
Sri Sultan menerima pisowanan para abdi dalem Keraton. (Edzan Raharjo/detikcom)
Yogyakarta - Raja Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengimbau warga mewaspadai fenomena banyak pihak mengklaim mendirikan keraton baru. Warga dia minta berhati-hati.

"Ya, masyarakat berhati-hatilah. Soalnya, masyarakat kita ini kalau diiming-imingi (mudah tergiur)," kata Sultan saat ditanya wartawan, Senin (20/1).

Sultan mengimbau warga mewaspadai potensi penipuan di balik klaim-klaim kerajaan baru tersebut.


Akan tetapi, Sultan menyadari karakteristik masyarakat yang terbuka terhadap semua kalangan. Hal itulah yang menjadikannya mudah percaya terhadap buaian orang yang baru dikenalinya.

"Masyarakat kita ini sangat mudah, sangat percaya pada orang lain, ya jadi susah. Rung karuan kenal wae dipercaya (belum tentu kenal saja sudah dipercaya)," sebutnya.


Sultan menyadari tidak mudah mengubah karakteristik masyarakat yang terbuka seperti ini. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan potensi penipuan hanyalah sikap waspada dari masyarakat.

"Kan tidak bisa mengubah kebiasaan seperti itu, terus (menjadi masyarakat) tertutup kan nggak bisa. Satu-satunya cara ya kita sendiri yang harus hati-hati," tuturnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2