Temui Sultan, Puan Juga Bahas Keraton Agung Sejagat-Sunda Empire

Usman Hadi - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 17:24 WIB
Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta. Kemunculan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire jadi salah satu topik bahasan.

"Ya itu (KAS) memang tadi juga menjadi salah satu agenda yang dibicarakan bahwa maraknya Keraton, Sunda Empire dan lain sebagainya itu," kata Puan usai bertemu dengan Sultan HB X di Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Senin (20/1/2020).


Kemunculan keraton maupun raja-raja baru menjadi sorotan. Keraton Agung Sejagat yang diklaim sebagai kelanjutan Mataram II dibangun di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo.

Kedua 'Raja-Ratu' Toto Santoso dan Fanni Amidania sudah ditangkap dan dijerat dengan pasal penipuan dan perbuatan onar. Tak lama, kehadiran Sunda Empire juga bikin heboh. Dalil maupun klaim yang dilontarkan petinggi Sunda Empire, Raden Rangga atau HRH Rangga menyebut dirinya bisa menghentikan nuklir juga tak bisa dipercaya.


Puan mengatakan keberadaan kerajaan maupun keraton baru itu sudah diatensi aparat berwajib. Pihak berwajib, kata Puan, juga telah mempersiapkan penanganannya.

"Sudah dicermati oleh BIN dan lain-lain, aparat hukum terkait sehingga kenapa, bagaimana, dan mengantisipasinya itu seperti apa (sudah disiapkan)," pungkas Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP itu.

Simak Video "Geger Keraton Sejagat-Sunda Empire, Kepala BIN: Fenomena Lama"

[Gambas:Video 20detik]

(ams/rih)