Melacak Jejak Petinggi Sunda Empire di Brebes

Imam Suripto - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 16:37 WIB
Lokasi rumah petinggi Sunda Empire Raden Rangga di Desa Grinting, Brebes. Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Pria yang disebut-sebut sebagai petinggi Sunda Empire bernama Raden Rangga atau diketahui juga bernama HRH Rangga ternyata berasal dari Brebes. Para tetangga membenarkan Rangga dan keluarganya tinggal di rumah yang terletak di Desa Grinting kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Detikcom menelusuri keberadaan Rangga pada Minggu (19/1/2020). Rumah keluarga Raden berada di Jalan Nila Desa Grinting tampak sepi.

Salah seorang kerabat Raden Rangga, Susi (32) mengatakan rumah itu ditempati oleh orang tua Raden Rangga. Susi mengaku tak tahu detail kegiatan Rangga.


"Orangnya jarang pulang. Terakhir ketemu sekitar seminggu lalu. Di rumah hanya kumpul-kumpul sama teman-temannya, habis itu pergi lagi," kata Susi membuka percakapan.

Meski masih kerabat dekat, Susi yang rumahnya bersebelahan dengan rumah keluarga Rangga mengaku tidak mengetahui soal keterlibatan Rangga dalam Sunda Empire. Hanya saja, dia beberapa kali menyaksikan Rangga sering mengenakan seragam loreng layaknya serdadu lengkap dengan aksesorisnya.


"Di sini tidak ada yang tahu apa apa. Hanya beberapa kali pernah melihat dia mengenakan seragam yang aneh. Pakaian doreng seperti tentara," sambung dia.

Keterangan serupa diutarakan oleh Lilis (48) tetangga Raden Rangga. Dia mengaku sering melihat Raden Rangga menggelar pertemuan di rumah orang tuanya itu.


Tonton juga Usai Kerajaan Agung Sejagat, Kesultanan Selaco di Tasik Ramai Dibahas :


Selanjutnya
Halaman
1 2