Geger Keraton Agung Sejagat

Kendil yang Disebut Berisi Janin Bayi 'Ratu' Dimakamkan ke TPU Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 18:40 WIB
Pemindahan makam yang disebut janin 'Ratu' Keraton Agung Sejagat Fanni Aminadia di Sleman, Jumat (17/1/2020). (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman - Makam yang disebut berisi janin bayi 'Ratu' Keraton Agung Sejagat Fanni Aminadia (41) di kontrakan 'Raja' Toto Santoso (42) di Sleman dibongkar. Janin yang berada di dalam kendil itu kini telah dimakamkan lagi di lokasi berbeda.

"Ini merupakan permintaan warga, yang meminta agar makam dipindahkan," kata Pj Kades Sidoluhur, Sudarmanto, di lokasi kontrakan Toto, Jumat (17/1/2020).


Proses pembongkaran makam disaksikan oleh pemerintah desa, kepolisian dan warga setempat sekitar pukul 16.30 WIB tadi. Saat makam dibongkar, terlihat ada kendil (periuk) dari tanah liat. Kendil itu kemudian diangkat dari liang makam dan dibungkus kain mori.

Selanjutnya, bungkusan itu digendong oleh Kartijo (47) yang merupakan pengurus kontrakan Toto. Puluhan warga beserta perangkat desa kemudian mengantarkan kendil itu untuk dimakamkan kembali di TPU Penggel, Dusun Pare, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean. Lokasi pemakaman itu berjarak sekitar 300 meter dari kontrakan Toto, Dusun Berjo Kulon RT 05 RW 04, Desa Sidoluhur, Godean.


Kendil yang Disebut Berisi Janin Bayi 'Ratu' Dimakamkan ke TPU SlemanPemindahan makam yang disebut janin 'Ratu' Keraton Agung Sejagat Fanni Aminadia di Sleman, Jumat (17/1/2020). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom

Sudarmanto sebelumnya mengungkap kendil itu berisi janin bayi 'Ratu' Fanni.

"Saat kami tanya Ibu Mursinah, salah satu pembantu Toto, dia bilang ini merupakan janin bayi dari Fanni," ujar Sudarmanto.


Seusai pemakaman, warga bergegas meninggalkan lokasi makam. Sudarmanto berharap dengan dimakamkannya kendil yang berisi janin Fanni itu bisa mengakhiri polemik yang dirasakan warganya saat ini.

"Semoga setelah ini semua berakhir," ujarnya.


Simak Video "Makam di Kontrakan Raja-Ratu Keraton Agung Sejagat Dibongkar!"

[Gambas:Video 20detik]

(rih/sip)