Polemik UNS Inn, Pemkot Solo: Izinnya untuk Pusdiklat Kok Dipromosikan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 14:06 WIB
UNS Inn (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengklaim izin penginapan UNS Inn di dalam kompleks kampusnya tidak bermasalah. Namun Pemkot Surakarta tetap menilai izin tersebut tidak susuai.

UNS Inn dalam izinnya akan digunakan untuk pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat). Namun dalam praktiknya, UNS Inn disewakan layaknya hotel pada umumnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Solo, Hasta Gunawan, mempermasalahkan UNS yang melakukan promosi. UNS membuka layanan pemesanan melalui Online Travel Agent (OTA).

"Sebenarnya boleh saja UNS Inn menerima tamu umum, misalnya orang pulang kemalaman di daerah situ, menginap di UNS Inn. Tapi masalahnya mereka melakukan promosi," kata Hasta saat dihubungi detikcom, Jumat (17/1/2020).


Hasta mengatakan UNS juga boleh saja menggunakan UNS Inn sebagai industrial teaching atau tempat pelatihan bagi mahasiswa. Namun Hasta menilai seharusnya UNS memberikan contoh dengan menyesuaikan regulasi.

"Kalau UNS menyebut teaching industry boleh, tapi kan mereka promosi (lewat OTA), harusnya berizin. Harusnya UNS memberi contoh," kata dia.


Dia mencontohkan ada beberapa sekolah menengah atas di Solo yang juga memiliki penginapan. Akan tetapi penginapan itu benar-benar difungsikan untuk kegiatan internal.

"Seperti SMK 4, SMK 7 itu punya, tapi lokasinya di belakang, ditawarkan pun pasti tidak ada yang mau. Kalau UNS ini kan ditawarkan. Jadi sebaiknya memberi contoh," tutupnya. (bai/mbr)