Kerabat Keraton Solo Ternyata Pernah Protes Keraton Pajang Muncul Lagi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 21:16 WIB
Keraton Agung Sejagat di Purworejo (Usman Hadi/detikcom)
Sukoharjo - Kasultanan Karaton Pajang, yang 'didirikan' kembali di Kabupaten Sukoharjo, pernah mendapat penolakan dari kerabat Keraton Kasunanan Surakarta. Kemunculannya dipertanyakan karena Kerajaan Pajang yang didirikan Jaka Tingkir runtuh sejak ratusan tahun lalu.

Penolakan datang dari GKR Wandansari atau yang akrab disapa Gusti Moeng. Dia juga mempertanyakan histori pendirinya, Suradi, yang memiliki gelar Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV.

"Kalau merasa keturunan Sultan Pajang, terus menghidupkan lagi, ya nggak bisa. Wong Pajang itu sudah pindah ke Kotagede, lalu turun lagi Kartasura, lalu ke Surakarta," ujar Moeng saat dihubungi detikcom, Kamis (16/1/2020).


Bukan hanya Pajang, menurutnya, kerajaan lain, seperti Majapahit, Demak, dan Mataram, pun tidak bisa berdiri kembali. Apalagi setelah 1945, seluruh kerajaan sudah mendukung pendirian Republik Indonesia.

"Sekarang sudah tidak bisa mendirikan lagi. Keraton itu adanya hanya 250 saat BPUPKI, yang ikut mendirikan republik. Sekarang yang masih lengkap 48 kerajaan, tergabung dalam Forum Komunikasi dan Informasi Kerajaan Nusantara (FKIKN)," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2