Ternyata Keraton Pajang Juga 'Dihidupkan' Lagi di Sukoharjo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 18:58 WIB
Suasana Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Kamis (16/1/2020). Foto: Usman Hadi/detikcom
Suasana Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Kamis (16/1/2020). Foto: Usman Hadi/detikcom
Sukoharjo - Kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo membuat heboh masyarakat. Ternyata di Sukoharjo juga muncul 'kerajaan baru' sejak tahun 2010 lalu.

Namanya ialah Kasultanan Karaton Pajang. Nama tersebut diambil dari Kerajaan Pajang yang didirikan Jaka Tingkir atau Sultan Hadiwijaya diketahui telah runtuh lebih dari 400 tahun yang lalu.

Lokasinya pun bersebelahan dengan petilasan Kasultanan Karaton Pajang di Desa Makamhaji, Kartasura Sukoharjo, tak jauh dari Kota Surakarta (Solo). Petilasan sudah lebih dahulu berdiri, yakni pada 1993.

Pendirinya ialah Suradi yang memiliki gelar Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV. Dia mengaku mendapatkan mandat mendirikan Kerajaan Pajang dari Kanjeng Sultan Suryo Alam yang merupakan sultan di Kasultanan Dhimak, Kabupaten Demak.


"Pertama 2009 saya dilantik menjadi Adipati dulu, lalu 2010 saya daftarkan keraton ini sebagai Yayasan Kasultanan Karaton Pajang. Setelah berhasil mengelola keraton dengan pesat, 2015 saya naik menjadi sultan. 2019 kemarin diberi gelar Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV," kata Suradi ditemui di kediamannya, Kamis (16/1/2020).


Tonton juga Yang Tersisa dari Keraton Agung Sejagat: Kolam hingga Prasasti :


Selanjutnya
Halaman
1 2