Ngeri! Ada Piton 4 Meter dan 25 Kobra Ditemukan di Sungai Cino Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 14:52 WIB
Foto: Induk ular kobra yang ditemukan relawan RCTD Klaten Timur dan warga di Tepi Sungai Cino
Klaten - Seekor ular piton sepanjang sekitar empat meter dan puluhan kobra ditangkap warga dan relawan di tepi Sungai Cino Kecamatan Karangdowo dan Cawas, Klaten. Puluhan kobra yang diamankan itu terdiri dari dua indukan sepanjang sekitar satu meter dan sisanya anakan kobra.

Piton dan puluhan kobra itu diamankan petugas reaksi cepat tanggap darurat (RCTD) Klaten Timur Rabu (14/1) kemarin. Selain mengamankan ular, petugas juga mengamankan puluhan telur kobra.

"Dalam sehari kemarin ditangkap satu piton dan 23 ekor kobra anakan, dua induk dan puluhan telur," kata penasihat relawan RCTD Klaten Timur, Eko Santosa kepada detikcom di rumahnya Dusun/Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Kamis (16/1/2020).


Penangkapan puluhan kobra itu berawal dari laporan warga di Dusun Brengkungan, Desa Pogung, Kecamatan Cawas yang resah melihat kobra berkeliaran. Saat disisir petugas, ditemukan dua induk kobra dengan 23 anakannya dan puluhan telur yang belum menetas.

"Setelah dari Pogung dapat kobra, malamnya pukul 20.00 WIB dilapori warga ada ular piton di timur Dusun Glagah, Desa Tulas. Tim bersama warga mengamankan seekor piton panjang 4 meter," lanjut Eko.
Ngeri! Ada Piton 4 Meter dan 25 Kobra Ditemukan di Sungai Cino KlatenFoto: Ular yang ditemukan relawan RCTD Klaten Timur dan warga di Tepi Sungai Cino

Eko menyebut piton itu berkeliaran di tepi sungai Cino. Namun, belum ada laporan ternak warga yang menjadi korban.

"Kita tidak tahu apa makan ternak atau tidak. Ukurannya memang cukup besar," sambung Eko.


Untuk sementara, ular-ular tersebut diamankan di markas RCTD Klaten Timur. Semua ular itu dalam kondisi hidup dan rencananya akan dilepas di lokasi yang jauh dari penduduk.

Terpisah, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Slamet mengatakan ular piton itu ditemukan di sisi sungai yang berdekatan dengan masjid. Menurutnya, piton itu merupakan ular terbesar yang pernah diamankan dari desanya.

"Lokasi sungai timur masjid Dusun Glagah. Ukurannya mungkin paling besar dibandingkan temuan daerah lain. Baru kali ini ada piton ditemukan. Namun belum ada laporan ternak warga hilang," tutur Slamet.



(ams/rih)