Eks Pengikut Toto 'Raja' Agung Sejagat: Dijanjikan Gaji 500 Dolar

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 19:56 WIB
Foto: Eks pengikut Raja Kerajaan Agung Sejagat, Toto Santoso, ditemui di rumahnya. (Pradito/detikcom)
Foto: Eks pengikut 'Raja' Kerajaan Agung Sejagat, Toto Santoso, ditemui di rumahnya. (Pradito/detikcom)
Gunungkidul - Warga Gunungkidul, Hadi Suroso (74) mengaku menjadi korban janji Raja Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso. Hadi Suroso pernah dijanjikan mendapat 500 dolar setiap bulan sebagai koordinator lembaga bentukan Toto, Gunungkidul Development Committee (DEC).

Pria yang akrab disapa Roso ini, mengaku mengenal Toto pada 2016 silam. Dia dikenalkan oleh Sekretaris Gunungkidul DEC bernama Retno.

"Jadi saya hanya dimintai tolong untuk jadi yang dituakan di Gunungkidul (Gunungkidul DEC) sama Bu Retno," ujarnya saat ditemui di rumahnya, Dusun Tumpak, Desa Ngawu, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Rabu (15/1/2020).


Saat perkenalan itu, cerita Roso, Toto menyampaikan sebagai pendiri Yogyakarta (DEC) dan ingin membentuk lembaga itu di Gunungkidul. Toto pun meminta dirinya untuk menjadi koordinator dan mencari anggota Gunungkidul DEC.

"Ikut Pak Toto itu katanya itu ada dana sosial yang dari luar, dari Turki. Katanya dana itu lewat dia (Toto). Terus saja dijanjikan 500 dolar per bulan, itu tunjangan dari Pak Toto terkait jabatan (sebagai koordinator Gunungkidul DEC) saya," ujar Roso tanpa mendetailkan mata uang dolar yang dimaksud.

"Kalau sudah keluar (dana dari Turki) nanti dijanjikan sebulan dapat segitu (500 dolar)," lanjut Roso.
Selanjutnya
Halaman
1 2